Gangnam District, Bekasi – Hunian Modern dengan Harga Terjangkau


Sungguh saya takjub saat mengunjungi kota Bekasi awal Januari 2017 lalu, begitu banyak perubahan yang mempercantik kota ini. Banyak bangunan baru tumbuh memfasilitasi aneka kebutuhan masyarakat. Dari tempat tinggal baik dalam bentuk rumah tapak maupun apartemen, berbagai pusat perbelanjaan, tempat pendidikan, tempat hiburan hingga rumah sakit ada di Bekasi.  Padahal saya terakhir kali ke Bekasi sekitar tiga tahun lalu belum ada beberapa bangunan maupun fasilitas publik yang nyaman, siapa nyana dalam waktu sesingkat itu sudah banyak perubahan terjadi.

aturduit
sumber:aturduit

Kebetulan saya sedang dalam proses menjual rumah di Jakarta dan dalam proses mencari tempat tinggal baru. Sebagai seorang freelancer, saya tidak terikat dengan jam kerja dari pk 08.00 ke pk. 17.00 sehingga tidak keberatan dengan lokasi sekitaran Jakarta sepanjang fasilitas transportasi menunjang.(1)  Pekerjaan saya mengandalkan tekhnologi digital seperti jaringan internet, telpon dan TV cable jadi sangat membutuhkan jaringan digital yang mumpuni. (2)

Kriteria lain adalah harga yang bersahabat sebab saya masih ingin menyimpan dan berinvestasi dengan uang hasil penjualan rumah di Jakarta.(3) Di lain pihak masalahnya hunian murah sering kali identik dengan keamanan yang kurang. Jadi kriteria selain harga bersahabat tentunya juga keamanan yang bisa diandalkan.(4)

Sebagai freelancer, saya perlukan melakukan presentasi baik dengan grup ataupun one on one yang selama ini bisa diakomodasikan di café yang bertebaran di mal-mal Jakarta. Karenanya tempat tinggal baru saya kelak harus berada dekat  dengan mal agar memudahkan saya berkegiatan ekonomi.(5)

Wah ternyata cukup banyak kriteria tempat tinggal yang saya tetapkan untuk hunian baru kelak….masalahnya adakah tempat seperti itu di Bekasi?

Ternyata yang menengarai bahwa Bekasi memiliki pertumbuhan infrastruktur yang pesat serta pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi bukan hanya saya. Pollux Properties asal Singapore juga sudah mencermatinya maka mereka akhirnya mendirikan sebuah kawasan apartemen terintegrasi di Bekasi tepatnya di Jalan Raya Siliwangi, Bekasi. Menyusul kesuksesan mereka menjual proyek Chadstone di Bekasi.Apartemen terbaru di Bekasi itu memiliki detil sebagai berikut:

gangnam-district-bekasi-29

Proyek baru Pollux kali ini diberi nama Gangnam District yang akan dikembangkan dengan konsep superblock dengan 18 tower apartemen dimana dua tower pertama yang dibangun akan mencapai ketinggian 36 lantai. Wah patut diperiksa ulang dahulu, tiap tower memiliki berapa unit lift. Kita tentunya tidak ingin antre dengan penghuni lain tiap hari. Selain 18 tower, Gangnam District akan dilengkapi dengan bangunan Hotel Louise Kienne, SOHO (Small Office Home Office) dan shopping mall.  Pollux Properties tidak main-main dengan proyek ini terbukti dana yang akan dialokasikan sebesar USD  500 juta. Dimana Rp. 1.2 Trilyun sudah digelontorkan untuk tahap awalnya.

akses-lrt-apartemen-gangnam-district-bekasi

aeromovel

Okay, mari kita cermati dengan issue lokasinya sebab pakar investasi properti selalu mengatakan lokasi, lokasi dan lokasi sebagai kriteria pertama dalam mencari properti. Lokasi Gangnam District yang terletak di Jalan Raya Siliwangi, Bekasi hanya memerlukan waktu 10 menit untuk mencapai pintu toll Bekasi Barat maupun Bekasi Timur. Pihak pengelola menyediakan shuttle bus gratis untuk mencapai  Terminal atau Stasiun Kereta terdekat. Selain itu ada beberapa infrastruktur sedang dibangun untuk alternatif moda transportasi seperti stasiun Jakarta LRT (Light Rail Transit) yang besar, Aeromovel dan tol Becakayu  (Bekasi – Cakung – Kampung Melayu). Aeromovel adalah Track kereta cepat yang dibangun Pemkot Bekasi sepanjang 12 km untuk menghubungi Bekasi Selatan hingga Bekasi Barat dimana stasiunnya ada di  depan kawasan Gangnam. Wuah mantap kali tinggal di Gangnam District ya…tidak ribet kalau mau kemana-mana, terutama ke Jakarta.

Masih berkaitan dengan lokasi berarti harus berdekatan dengan fasilitas umum, nah sekolah-sekolah seperti Marsudi Rini School, Trisakti Management, Binus School dan Mahaneim School berada begitu dekat. Seperti juga Rumah Sakit ternama seperti Hosana Medica Bekasi,  RS St Elisabeth dan RS Mitra Keluarga, Bekasi. Dekat juga dengan pusat perbelanjaan Lotte Mart serta Bekasi Square. Sangat dekat dengan kawasan industri besar Bekasi di Narogong. Jadi kebutuhan saya akan hunian yang dekat dengan aneka fasilitas umum terpenuhi.

Sekarang mari kita cermati hunian tersebut lebih jauh. Gangnam District yang mengusung konsep superblock mixed used living bertema Korea Style. Dilengkapi fasilitas utama dan satu-satunya di Bekasi yaitu Smart Home System dimana kita dapat mengakses CCTV dari smartphone kita yang juga terintegrasi dengan beberapa aplikasi elektronik hunian sehingga kita bisa mengontrol apartemen hanya dalam genggaman tangan.

gangnam

Fasilitas apartemen yang jadi nilai plus juga adalah akan dibangunnya Pollux Mall yang berkonsep Korea Style dengan penghubung sky bridge antara apartemen ke mall tersebut. Apartemen dilengkapi lahan terbuka yang luas ( water park dan outdoor facility area ). Ada dua office building dan sebuah hotel bertaraf internasional. Lahan parkir yang luas, ATM 24 jam dan keamanan 24 jam.

apartemen-murah-di-bekasi-barat-gangnam-district-19

Pilihan Unit yang ada:

Tipe Studio dan tipe 2 Bedroom

maket
sumber: investproperti.com

studio-room

Harga tiap unit tentunya tergantung dari luas unit dimana Pollux Properties mematok harga Rp. 13.000.-/ M2. Atau mulai dari Rp. 286juta untuk tipe studio. Adapun daftar harganya sebagai berikut:

price-list-gangnam-district-bekasi
sumber: happy

Selain fasilitas boleh cicil pada developer, ternyata ada fasilitas KPA ( Kredit Pemilikan Apartemen). Bagi saya ada fasilitas KPA ini penting karena berarti ada Bank yang memastikan legalitas dokumen, di masa lalu beberapa teman mengalami mimpi buruk  manakala selesai mencicil pada developer, sertifikat hak atas tanah tidak bisa diperoleh dari developer dengan 1001 dalih.

Dengan harga yang masih terjangkau namun mendapatkan sajian berkualitas tidak heran jika Gangnam District langsung diserbu pembeli yang merindukan hunian modern baru berkualitas hingga 300 unit sudah dibeli. Jadi 5 kriteria  akan hunian yang saya tetapkan ada pada Gangnam District, Bekasi. Bikin saya jadi ingin cepat-cepat meninjau langsung ke Gangnam District Bekasi. Ada petanya nih:

map-location
sumber: investproperti.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s