Menikmati Paket Tour Halal ke Beijing Bersama Cheria Holiday


Sebuah truk kayu besar berhenti di depan rumah mengantarkan berpeti-peti buku cerita silat serta serial petualangan Karl May dan itu kejadian saat saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Buku-buku dengan ejaan lama dan banyak yang masih dalam versi sampul tebal ( hard cover ) merupakan koleksi Ibu saya dari SMA sampai kuliah yang tersimpan di Jogjakarta. Sengaja  dibawa ke Jakarta sebagai pengganti komik-komik HC Andersen dan komik komedi serial Lemot yang selama ini saya dan kakak baca. Bayangkan kami yang saat itu biasa membaca buku  penuh gambar dengan balon-balon kalimat singkat diharuskan beralih pada buku dengan  kalimat-kalimat padat ejaan lama minim gambar pula.  Tentu saja kami sama sekali tidak berminat membacanya hingga Ibu perlu memaksa dengan sedikit keras. Saking memaksanya saat itu saya sampai bertanya pada Bapak,

“Pak, itu isterinya sebenarnya Ibu kandungku atau Ibu tiri sih kok galak amat maksa baca buku tebal gini?”

Bapak ketawa ngakak dan langsung cerita ke Ibu yang juga ketawa mendengarnya cerita. Hingga Ibu memakai jurus membujuk yang lebih halus yang membuat  saya dan kakak akhirnya mulai membaca buku silat dan petualangan Karl May. Selesai satu buku ( satu judul biasanya terdiri sekitar 3-7 buku, zaman sekarang judul yang sama bisa jadi puluhan buku versi stensil ), kami langsung ketagihan. Waktu tidur siang diam-diam dipakai untuk membaca, jika belum selesai maka kami tidak akan berhenti membaca. Sekarang Ibu jadi kewalahan untuk membatasi nafsu membaca kami yang luar biasa.

buku-silat-antik-gan-kl-pendekar-negeri-tayli-2
sumber: ebook cersil mandarin

Baik saya maupun kakak punya tokoh perempuan favorite yang sering kali kami pakai identitasnya. Dari cerita-cerita silat ini kami belajar etos perjuangan dalam menegakkan keadilan maupun untuk membela Negara. Juga mengenai jiwa kesatria yang luar biasa dimana mereka mempergunakan ilmu bela diri terutama dengan senjata tajam maupun senjata rahasia.

Suatu hari seorang tetangga yang sudah duduk di bangku SMA mengajak barter antara buku kami yang berjudul Kisah Memanah Rajawali Sakti yang belakangan difilmkan dengan pemain Andy Lau dengan buku berjudul Kisah Putri Harum dan Kaisar. Dalam buku tersebut, kami akhirnya mengenal adanya suku bangsa yang beragama Islam di Tiongkok  yang bernama suku Uigor. Putri Harum ditaksir kaisar Kian Liong namun sang Putri Harum sangat menjaga kehormatannya, bahkan dia sampai menjahit ulang bajunya untuk menghindari upaya pemaksaan dari sang Kaisar. Kiasar Kian Liong sendiri merupakan satu-satunya kaisar yang berkuasa hingga 60 tahun dan membuat banyak kisah tentangnya yang beredar.

tokoantiekretro.jpg
sumber: tokoantiekretro

Cina berkembang menjadi Negara yang maju, terjadi peralihan pemerintahan dari Kerajaan menjadi  Republik Komunis. Pemberontakan mahasiswa yang menjadikan lapangan Tianamen sebagai saksi sejarah, semua dinamika itu sungguh menarik untuk dicermati. Aneka film berkisah tentang kehidupan di sana memperjelas gambaran yang selama ini sudah terbentuk. Saya ingin suatu hari nanti mengunjungi Cina. Sebuah keinginan yang  nyaris terwujud akhir tahun kemarin saat seorang teman menawarkan kerjasama untuk membelikan barang-barang dagangan di sana.

“Tapi elo jalan sendiri ke sana ya. Gue bawain uangnya,”kata-katanya ini menyurutkan keinginan saya karena ada gentar mengunjungi Negara dengan bahasa dan huruf yang tak akrab bahkan tak dikenal, belum lagi urusan makanan yang pastinya banyak yang tidak halal. Dan apakah ada fasilitas untuk beribadah secara Islami di sana?

Makanya sangat surprise mengetahui bahwa Cheria Wisata menyediakan aneka paket wisata halal dimana Cina merupakan salah satu Negara tujuannya. Malah sudah  ada 12 paket tujuan wisata Halal yakni  ke Dubai, Malaysia-Singapura, Korea, Jepang, Hongkong, Australia, Beijing, Spanyol, Eropa, Alaska, Turki, Uzbekistan.

Wuiih ternyata Cheria Wisata Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia

turkey
koleksi pribadi saat ke Turki bersama Cheria Wisata

Kalau Cheria Wis sudah mengemas paket wisata halal semacam ini, saya yakin  dengan  kualitas paket wisata halal yang disediakan  secara adik pernah mengikuti paket wisata Umroh + Turki dari Cheria Wisata…

turki.jpg

Karena berminat untuk Paket Wisata Tour Halal China, saya mempelajari lebih jauh informasi yang disajikan Cheria Holday. Rupanya penting untuk memahami kondisi iklim jika akan mengunjungi Cina yang memiliki 4 musim. Tiap musim membawa dampak cuaca serta pengalaman wisata yang berbeda. Berikut info yang dibagikan Cheria Holiday:

Musim Gugur

Dari sekian banyak waktu, awal musim semi yang jatuh pada bulan September hingga awal Oktober merupakan cuaca yang paling nyaman. Suhu udara pada masa ini biasanya berkisar antara 10 derajat celcius hingga 22 derajat celcius. Sebagai tambahan, pada musim gugur ini intensitas hujan juga sangat terbatas. Musim gugur juga menjadi waktu di mana lukisan kuno dan berharga yang ada di Beijing Palace Museum.

Musim Semi

Secara umum pada musim semi rata-rata memiliki suhu antara 10C hingga 22C. Di musim ini, wisatawan yang datang disarankan untuk memakai baju berlapis, agar tetap nyaman dalam kondisi panas ataupun dingin.

Musim Panas

Musim Panas di Cina berlangsung dari bulan Juni hingga akhir Agustus dan sangat panas dengan suhu melebihi 22C. Di waktu ini, terdapat empat tempat yang terkenal sangat panas, yakni Wuhan, Tianjin, Congging dan Nanchang. Selain itu, waktu bepergian pada musim ini juga sebaiknya membawa jas hujan.

 Musim Dingin

Bepergian pada musim dingin di Cina juga menjadi daya tarik tersendiri, terutama di Cina bagian utara. Di mana kita bisa menyaksikan Festival Es Harbin. Di festival ini, pengunjung bisa menyaksikan berbagai jenis hasil kerajinan yang menggunakan es. Biasanya, festival ini pun berlangsung cukup panjang, hampir satu bulan.

Terdapat beberapa tempat di mana kita bisa secara langsung menikmati hasil karya seni es terbaik yang dipamerkan, di antaranya adalah di Zhaolin Park, Yabuli International Ski Resort serta Ice and Snow World.

Jadi, kalau Anda ingin berkunjung ke Cina, pastikan dulu tempat yang akan didatangi dan musim yang tengah berlangsung. Apakah tempat tersebut menawarkan kondisi yang terbaik seiring dengan musim yang tengah berlangsung. Selain itu, pergi ke cina tanpa mengetahui kondisi musim di sana juga bakal membuat perjalanan Anda sangat tidak nyaman.

Selain itu, terdapat beberapa hari yang terhitung sebagai high season di Cina. Di antaranya adalah hari buruh yang jatuh pada tanggal 1 Mei dan berlangsung sekitar 3 hari, Hari Nasional yang jatuh pada 1 Oktober dan berdurasi 7 hari, liburan musim panas (juni-september) dan liburan musim dingin (januari – februari).

Pada saat high season tersebut, sarana transportasi di Cina akan menjadi sangat susah diperoleh pun halnya untuk penginapan, yang ini sih cukup normal mengingat banyaknya tempat wisata di Cina. Jadi, kalau ingin berjalan-jalan ke Cina pada low season, sepertinya Anda harus mengingat betul waktu di mana high season di Cina. Tentunya demi tiket yang murah bukan.

Selain itu, terdapat pula beberapa festival yang diadakan pada waktu-waktu tertentu di beberapa tempat di Cina. Pelaksanaan festival-festival tersebut dilakukan berdasarkan penanggalan Cina, seperti Festival Qingming, Festival Dragon Boat, Festival Lentera dan lain-lain.

Berikut contoh itinerary ke Beijing selama 6 hari yang disediakan seperti yang tercantum berikut ini.

Salah Satu Contoh Itinerary Paket Tour Wisata Beijing China

BEIJING UNIQUE 6H4M

Highlight : Acrobatic Show, Rickshaw Ride (Becak), Panda ZOO, Peking Duck

muslim

Hari 01 : JAKARTA – BEIJING

Hari pertama berkumpul dan berangkat dari Bandara Soekarno Hatta Terminal 2D, Selain sebagai pusat pemerintahan, Beijing merupakan salah satu kota terunik di dunia. Kota ini berada di dataran rendah Chaoyang, yang dikelilingi pegunungan Yen San. Di pegunungan inilah tempat dibangunnya Tembok China, yang merupakan salah satu keajaiban dunia.

Pesawat akan mendarat di Beijing International Airport yang berada di Distrik Sun Yi, 30 kilometer dari pusat kota arah ke Timur.

Begitu mendarat di Bandar Udara terbesar China ini, suasana serba modern dengan tekhnologi mutakhir begitu mendominasi. Beda dengan image selama ini, bahwa China adalah Negara yang masih terbelakang sebagai mana sebutan Negeri Tirai Bambu.

Seluruh propinsi di RRC memiliki minimal satu perusahaan penerbangan. Tak heran jika saat ini RRC memiliki ribuan pesawat terbang. Karena itulah bandara ini belakangan disebut sebagai bandara tersibuk di dunia dengan 1200 penerbangan setiap harinya.

Hari 02 : BEIJING (Makan Siang, malam)

wikipedia
sumber: wikipedia

Sesampainya di Beijing, kita akan mengunjungi Tian An Men Square dan menjelajah kota terlarang Forbidden City yang merupakan kompleks istana terbesar di dunia, dimana tempat tinggal 24 Kaisar Pada jaman Dinasty MING dan Qing. Letaknya yang strategis di pusat Kota Beijing membuat Tiananmen Square, dikunjungi ribuan orang sehari-hari . Mereka dapat mengunjungi Tiananmen Tower, yang terletak di ujung utara alun-alun. Awalnya dibangun pada tahun 1417 selama Dinasti Ming (1368 AD- 1644 AD).

Alun-alun sendiri adalah pintu depan Kota Terlarang. Sampai 1911 ketika kerajaan feodal terakhir usai, tidak ada yang bisa masuk ke menara kecuali untuk keluarga kerajaan dan bangsawan. Makan siang di restoran lokal. Lalu kita akan mengunjungi Tongrentang herbal Store, Outlook national grand theater. Sore harinya kita akan menyaksikan Acrobatic Show. Makan malam di restoran lokal

Bermalam di Hotel

Hari 03 : BEIJING (Makan pagi, siang, malam)

great-wall
Great Wall : Cheria Holiday

Sarapan pagi di Hotel, Acara hari ini kita mengunjungi salah satu dari 7 keajaiban didunia China Great Wall – Tembok Raksasa China, sepanjang 6700 KM, The Great Wall atau Tembok Besar ini dibangun sepanjang 6400 km, dari Sanhai Pass di timur hingga ke Lop Nur bagian barat. Tingginya mencapai 8 meter, lebar bagian atas 5 meter dan bagian bawah 8 meter. Setiap 180-270 meter dibuat semacam menara pengintai yang tingginya antara 11-12 meter.

Tujuan utama dibuatnya Great Wall ini adalah untuk mencegah serbuan bangsa Mongolia dari sebelah utara pada waktu itu. Konon tembok ini dibuat sebelum 2000 tahun sebelum masa dinasti, pembangunannya terus dilakukan hingga zaman Dinasti Qin, dinasti pertama Cina, lalu dikembangkan oleh Dinasti Sui, dan dipugar kembali oleh Dinasti Ming.

Pembangunan tembok ini dari Dinasti ke Dinasti, merupakan upaya kolektif yang telah dikerjakan oleh jutaan orang selama berabad-abad. Di perjalanan kita akan mampir ke Baushutang dan Jade Gallery. Setelah makan siang kita akan mengunjungi Donghuamen snack street, Wangfujing cultural street, dan Fotoshop Olympic Stadium “bird nest & water cube”. Makan malam di restoran lokal

Hari 04 : BEIJING (Makan pagi, siang, malam)

summer-palace
Summer Palace: dok. Cheria Holiday

Sarapan pagi di Hotel, Acara hari ini kita mengunjungi Summer Palace, Kingdom of Silk. Seolah tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Salah satu yang tak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya adalah Summer Palace atau Istana Musim Panas.

Summer Palace atau Istana Musim Panas ini mulai dibangun pada 1750 yang saat itu dibuat sebagai taman mewah untuk keluarga kerajaan yang ingin beristirahat. Kemudian istana ini menjadi tempat tinggal utama anggota kerajaan di akhir Dinasti Qing. Namun, taman ini pernah dihancurkan oleh kobaran api.

Pada awalnya, nama asli tempat ini adalah “Qingyi Garden” yang kemudian diganti menjadi “Yiheyuan” (Istana Musim Panas) setelah rekonstruksi pertama pada 1888. Kemudian pada 1998, Istana Musim Panas ini masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.Makan malam di lokal restaurant. Dilanjutkan shopping mengunjungi Yashow Market & Siushui Street untuk berbelanja baju, sepatu, tas, dan souvernir murah. Makan malam special BEBEK PEKING.

Hari 05 : BEIJING (Makan pagi, siang, malam)

Sarapan pagi di hotel. Hari ini kita akan mencoba kendaraan tradisional China, yaitu becak (Rickshaw Ride), Nanluoguziang Ancient Street, The Place Mall, Tea Cultural. Makan siang di restoran lokal. Dilanjutkan mengunjungi Panda Zoo House disini anda dapat berfoto dan melihat panda, hewan khas China dan Pearl & Gemstone Gallery. Makan malam di lokal restaurant

rickshaw-ride
Rick Shaw – dok: cheria holiday

Hari 06: BEIJING – JAKARTA (Makan Pagi)

Sarapan pagi di hotel. Sampai waktunya kita akan menuju ke Airport untuk kembali ke Jakarta.

Enaknya wisata ini sifatnya customized alias bisa dibuat sesuai keinginan kita. Tinggal sesuaikan dengan budget dan jumlah anggota rombongan. Ingin tahu lebih jauh mengenai Wisata Halal baik je Jepang, Korea maupun ke Cina?

Langsung hubungi saja Cheria Wisata:

OFFICE
021-7900218
021 7900 216 (HUNTING/OPERATOR)
021 7900 218
021 7900 201

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s