Optimalkan Bisnis Online di 2017 Bersama Ardhosting


Tahun 2016 baru saja kita tinggalkan dengan selaksa kenangan, ada yang pahit, manis ataupun asem. Demikianpun yang saya rasakan, salah satu hal yang paling mengesankan adalah tahun itu merupakan tahun dimana bisnis online saya mengalami pertumbuhan yang amajing. Bagi saya dapat 10 order/ hari rasanya  WOW banget, eh gak taunya supplier saya para nona muda dan mamah muda omsetnya 100 – 400 order/ hari…gubraaak dah. Biarpun bagai bumi dan langit tetap harus disyukuri pencapaiannya dulu ya . Demi mendapatkan perputaran bisnis sebesar nona muda dan mamah muda, saya harus melakukan bisnis review. Apa yang salah,  apa yang harus ditingkatkan dan bagaimana cara meningkatkan?

mamud

Okey mari kita bandingkan apa yang dilakukan?

Awalnya kami memakai platform social media yang sama yakni  Facebook. Mamud dan Nomud sudah dua tahun lebih dulu berbisnis online dibandingkan saya. Pada saat saya memasuki bisnis online Nomud kena scam Rp. 20 juta, Mamud kena talak. Berarti keduanya sedang mendapatkan tekanan yang luar biasa secara finansial. Mirip dengan teori Einstein bahwa tekanan akan menimbulkan daya, demikianlah yang terjadi pada mereka. Mamud beralih pada Instagram sementara Nomud mempergunakan Rp. 500 ribu terakhirnya untuk membeli stock barang  dalam satu merek saja. Dia memutuskan untuk konsentrasi  berjualan tas dan dompet dari satu merek saja dan membangun jaringan distribusi online dengan merekruit para distributor  dan banyak memakai Line serta memanfaat sistim Free Ongkir yang disediakan suatu market place sementara Mamud berjualan aneka barang sehingga memakai nickname Toserbaonline dan melakukan turnaround dengan memanfaatkan Instagram. Saya sendiri konsentrasi pada penjualan perlengkapan dapur.

Apa yang terjadi setelah repositioning mereka?

Nomud punya omset ratusan juta tiap bulannya hingga dia keluar dari pekerjaan, menyewa rumah yang difungsikan sebagai kantor dan gudang. Mamud memiliki 400 order/ harinya. Sistim yang dianutnya juga masih sistim Dropship.

Belajar dari para ahlinya.

saveimage

Masih belum puas belajar dari para senior, sekarang belajar dari para ahlinya dengan membeli buku seperti ini.

Ada banyak buku tentang  bisnis online yang beredar namun pilihan saya adalah dua buku di atas karena  ditulis oleh para praktisi yang telah sukses makanya harus dibaca dengan seksama. Kedua buku mengupas secara teknikal namun applicable. Beberapa perlu digaris bawahi:

  1. Membuat Website Berbayar: Karena kita ingin  menangkap pasar yang lebih besar dan luas tanpa batas maka memahami bahwa ketika seringkali seseorang  mencari suatu barang melalui internet. Maka buatlah daganganmu berada di suatu tempat yang mudah ditemukan oleh mesin pencari Google ( Search Engine Optimazation ). Tempat itu bernama Website. Masalahnya terdapat aneka entri yang berhamburan dalam jagad internet tiap hari. Kita harus memastikan bahwa entri kita berada pada tempat yang mudah ditemukan oleh SEO. Nah kita bisa Optimalkan website dengan cloud hosting

verisign

Lebih jelasnya ARDHCLOUD Memberikan solusi terbaik dengan memberikan kualitas terbaik dalam web hosting berbasis cloud dengan cPanel. Dengan kinerja Tehnologi OnAPP terbaru akan mampu mengoptimalkan 50x lebih cepat dengan hosting biasa.  Dan dengan memiliki fitur utama kinerja Server Supermicro & Prosessor Intel Xeon Hasswell, memiliki kinerja hardware lebih kencang dan kualitas server yang lebih baik

  1. Web Berbayar menunjukkan Profesionalisme kita. Ada sih blog gratis sediaan mbah Gooegle yang tentu ramah SEO tapi jika kita ingin dianggap pebisnis yang professional, kita harus memakai website dengan akhiran dotcom, dotnet atau dotid yang merepresentasikannya.

Website berbayar menunjukkan kesan serius, tidak setengah-setengah dan all out.

Mahal?

Ada Ardhosting yang menyediakan Website murah namun mengoptimalkan website hingga 50 kali dibandingkan website produk toko sebelah.

  1. Jangan Pakai Namamu sebagai Nama Website. Kecuali nama keluargamu Hilton atau Trump, pakailah nama yang merepresentasikan bisnismu seperti yang dilakukan  dua penulis buku Bisnis Online di atas. Indra Permana memakai nama Dunia Muslim karena menjual barang-barang yang berkaitan dengan kehidupan orang muslim sementara Otniel Kowandi memakai nama website Kedai Kakilima. Suatu nama yang cukup provokatif karena mengambil positioning pada harga kakilima. Kendatipun setelah saya bandingkan dengan barang-barang sejenis yang saya jual, masih mahal harga barang-barang beliau….upps maaf ko Otnil.
  1. Sediakan fasilitas cara pembayaran di side bar website.Yap jika calon pembeli kita terpisah jarak dan samudera, tentunya kita harus menyediakan informasi cara pembayaran yang mudah bagi mereka.
  1. Nah sebagai catatan saya sendiri karena akan membuat website toko online yang berkaitan dengan segala peralatan maupun aneka olahan dari dapur maka dalam website tersebut nantinya akan saya isi juga dengan beberapa tips memasak yang unik memakai peralatan yang dijual, misalnya membuat pizza nyam-nyam dengan magic com.  Membuat brownies dengan cara mengukus, memasak dengan pan Happy Call. Cara soft selling begini semoga dapat menyentuh SEO.
    cake-kukus
    CAKE KUKUS

    dpur

  2. Tetap memakai segala moda social media untuk membagikan informasi mengenai dagangan yang digelar, kali ini bisa dilakukan dengan sharing URL dari website ke berbagai sosial media.
  1. Mulai memproduksi item-item dagangan unggulan yang khas. Masih seputar segala jenis hasil olahan dari dapur dengan pertimbangan beberapa waktu lalu sudah banyak yang order aneka masakan yang sebenarnya untuk konsumsi pribadi namun saat dishare di social media menjadi barang yang banyak dipesan.

getuk

Beginilah perencanaan yang saya buat untuk mengembangkan bisnis online di tahun 2017.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s